Monday, October 19, 2009

10 Tahun Lagi: Kutub Tanpa Es


KOMPAS.com — Para peneliti meramalkan, Laut Artik (kutub) akan bebas es pada musim panas dalam satu dekade mendatang. Setelah musim semi berlalu, para peneliti kembali mengukur ketebalan es sepanjang 450 kilometer dengan rute menyeberangi Laut Beaufort. Mereka menemukan sebagian besar es sangat tipis.
Pemimpin ekspedisi dan pakar es lautan dari University of Cambridge, Peter Wadhams, mengatakan, pada musim semi tahun lalu rata-rata ketebalan es hanya 1,8 meter, menandakan usia lapisan itu sekitar satu tahun. Sementara itu, es yang sudah bertahun-tahun sekitar 3 meter.
Tipisnya lapisan tersebut menjadi indikasi penting kondisi memprihatinkan es di Laut Artik. ”Secara sederhana, es tipis itu akan sekejap hilang pada musim es mulai meleleh,” ujarnya. Angin dan arus laut dapat pula memecah es yang tipis itu. Es yang terpecah dan mengapung bebas akan mudah terdorong ke wilayah perairan yang lebih hangat dan mencair. Catlin Arctic Survey dan kelompok konservasi internasional WWF mendukung penemuan tersebut. (dari kompas.com)
Ngeri ya.. sepertinya gue juga udah pasrah dengan hancurnya alam akibat global warming. Pemerintah di semua negara juga sekarang lebih mikirin ekonomi negaranya (or kantongnya) daripada mikirin dampak pemanasan global. Bye..bye Polar Bear...bye..bye pingguin... :'(



1 comment:

  1. wiii serem!! sering di tipi2 n di pilem2 tuh tapi ko kayaknya kita adem2 aja ya

    ReplyDelete