Thursday, June 24, 2010

Selamat Jalan Ibu Listiana Srisanti, Ibu Harry Potter Indonesia

Berita duka itu datang tadi pagi saat saya iseng-iseng mengecek twitter setibanya di kantor. Seorang teman menyebutkan bahwa Sang Penerjemah terhebat yang saya tahu telah berpulang akibat kanker paru stadium 4 yang sudah dideritanya sejak tahun 2006 yaitu saat beliau mengerjakan terjemahan buku kelima Harry Potter ke dalam Bahasa Indonesia. Hashtag #RIPListianaSrisanti pun bermunculan di twitter.
Yup beliau yang menerjemahkan ketujuh seri Saga Harpot. Gaya bahasanya dan permainan kata yang beliau tulis seolah menjadikan Harry Potter edisi Indonesia terasa begitu istimewa dan mampu membuat pembacanya menikmati maksud dan alur kisah yang diinginkan sang penulis asli, J.K Rowling.
Saya pun teringat dengan artikel yang pernah saya baca di majalah bulanan Intisari yang pernah menulis profil beliau. Ibu Listiana sangat pandai memainkan irama kata seperti ; Vakansi dengan Vampir, Jampi Jenaka, Myrtle Merana, dan juga menamai Cermin Tarsah dari tulisan aslinya, Erised Mirror. Waktu itu beliau diceritakan sempat bingung mencari arti kata erised, tapi ternyata erised harus dibaca terbalik menjadi desire. Karena itu Ibu Listiana menerjemahkan erised mirror menjadi Cermin Tarsah (Hasrat). Brilian!
Banyak tweet yang mengungkapkan kekaguman terhadap beliau karena telah menyelesaikan terjemahan Harry Potter ketujuh hanya dalam 5 minggu disela-sela jadwal kemoterapi beliau mengobati kanker. Ada juga yang mengatakan bahwa kanker tersebut telah diderita sejak menerjemahkan Buku Harpot kelima. Semua ucapan belasungkawa umumnya berasal dari pembaca Harpot di tanah air dan beberapa diantaranya adalah rekan sesama pengarang dan penerjemah di Gramedia Group.

Selamat jalan Ibu Listiana, tanpa terjemahan Anda Harry Potter hanyalah buku yang terasa begitu asing.

1 comment:

  1. imma huge fans of harry potter
    dan fakta memalukannya adalah i know nothing about those facts,
    even about this magnificent Listiana Srisanti..

    thanks for the article..

    ReplyDelete